Cara Screenshot di Komputer

Cara Mengambil screenshot di komputer adalah hal yang sepele, tapi rasanya bingung juga jika anda belum tahu caranya, karena mengambil screenshot terkdang sangat dibutuhkan di tempat kerja, dapat digunakan untuk catatan cepat anda, atau bahkan diminta oleh dukungan teknis untuk menjelaskan bug yang anda alami, Atau mungkin anda hanya ingin menangkap momen menyenangkan atau menarik yang terjadi di layar komputer Anda.

Jika Anda akan mengambil screenshoot pada PC Windows, hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa ada lebih dari satu cara untuk membuatnya. anda bisa menggunakan tombol Print Screen, mengirim screenshot ke OneDrive, menangkapnya melalui Game bar, dan lainnya. Metode yang sering saya gunakan adalah program Paint, tetapi Anda dapat mengedit hasil screenchot dengan hampir semua software pihak ketiga.

Baca lebih Lanjut

Step 1: Ambil Gambar

cara screenshot di komputer
cara screenshot di komputer

Windows menyediakan enam metode untuk menangkap desktop Anda sebagai gambar. Tiga didasarkan pada tombol Print Screen (PrtScn) sementara tiga sisanya memerlukan tombol Windows (Win).

Pada keyboard eksternal, Anda akan menemukan tombol PrtScn khusus yang terletak di sudut kanan atas. Tombol Win biasanya berada di kiri bawah antara tombol Control (Ctrl) dan Alternate (Alt).

Pada laptop, perintah Print Screen dapat dikombinasikan dengan fungsi lain pada satu tombol, seperti yang ditunjukkan di atas. Dalam hal ini, Anda harus menekan tombol Function (Fn) di samping tombol Print Screen.

Berikut ini rincian dari enam perintah screenshoot:

  • Print Screen (PrtScn) – Menangkap seluruh layar. Jika Anda memiliki lebih dari satu tampilan, fungsi ini menangkap semua yang ditampilkan di semua layar yang terhubung sebagai satu gambar. Secara default, metode ini tidak menyimpan gambar Anda sebagai file, tetapi hanya mengirim gambar yang diambil ke clipboard.
  • Alt + Print Screen – Menangkap satu jendela. Pastikan untuk memilih jendela target terlebih dahulu, seperti dokumen atau browser, sebelum menekan dua tombol ini (atau tiga pada laptop). Secara default, metode ini tidak menyimpan gambar Anda sebagai file, tetapi hanya mengirim gambar yang diambil ke clipboard.
  • Win + Print Screen – Menangkap seluruh layar. Perbedaannya di sini adalah bahwa Windows menyimpan gambar sebagai file. Secara default, ini dikirim ke C: User> Gambar> Screenshot di PC Anda.
  • Win + Shift + S – Mengambil screenshot menggunakan alat Snip & Sketch bawaan. Layar meredup dan menyediakan empat pilihan pada bilah alat kecil: Rectangular, Freeform, Window, dan Fullscreen. Alat ini tidak menyimpan tangkapan sebagai gambar tetapi hanya mengirimkannya ke clipboard. Kami menjelaskan lebih lanjut nanti dalam panduan ini.
  • Win + G – Membuka Game Bar. Klik tombol screenshot dan alat ini menyimpan gambar ke C: User> Video> Ditangkap secara default. Untuk menggunakan alat ini, pastikan fitur tangkapan layar Game bar diaktifkan di Pengaturan> Gaming> Game bar.
  • Win + Alt + Print Screen – Menangkap seluruh layar. Perintah ini menyimpan gambar ke C: Pengguna Video> Ditangkap secara default. Untuk menggunakan alat ini, pastikan fitur tangkapan layar Game bar diaktifkan di Pengaturan> Gaming> Game bar.

Dalam beberapa kasus, layar berkedip atau meredup untuk menandakan bahwa Windows mengambil tangkapan layar. Jika ini tidak terjadi, buka File Explorer dan pergi ke lokasi default untuk melihat apakah Windows menyimpan gambar Anda.

Jika Anda menggunakan OneDrive, Anda dapat menyimpan screenshoot ke cloud sehingga dapat diakses dari setiap perangkat.

Jika Anda menggunakan OneDrive, Anda dapat menyimpan screenshoot ke cloud sehingga dapat diakses dari setiap perangkat. Ini tidak menyimpan tangkapan layar secara otomatis, tapi anda harus mengklik kanan ikon cloud yang pojok kanan bawah di sebelah jam, pilih Lainnya, dan klik Pengaturan pada menu pop-up. Selanjutnya, klik tab Cadangan di jendela pop-up yang dihasilkan dan centang kotak di bawah Screenshot (seperti gambar diatas).

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan tiga perintah screenshoot pertama (yang saya tulis diatas) untuk secara otomatis menyimpan gambar ke OneDrive. Anda tidak akan melihat layar berkedip atau redup – Anda akan menerima notifikasi sebagai gantinya. Pastikan untuk menyinkronkan folder Screenshot jika Anda ingin mengakses gambar pada PC Anda dari perangkat lainnya.

Terakhir, jika Anda memiliki Dropbox, tangkapan layar mungkin secara otomatis mengunggah folder Screenshot di penyimpanan cloud Anda.

Step 2: Buka Paint

Jika Anda perlu memotong atau mengedit gambar hasil screenshoot yang diambil pada PC, Anda memiliki tiga alat yang dapat Anda gunakan yaitu : Paint, Paint 3D, dan Photos.

langsung saja ketik Paint di bidang pencarian pojok kiri bawah setelah anda klik Start Menu.

Dalam panduan ini, saya menggunakan program Paint biasa (Bukan Paint 3D) karena lebih familiar. Secara default, Anda bisa membuka paint lewat Start Menu > All Program >Windows Accesories > paint, atau langsung saja ketik Paint di bidang pencarian pojok kiri bawah setelah anda klik Start Menu.

Paint juga mungkin muncul ketika Anda mengklik kanan pada gambar. Ketika menu pop-up muncul, arahkan kursor mouse Anda ke atas opsi Open With menu dan pilih Paint.

Step 3: Paste hasil screenshot 

paste hasil screenshot

Lakukan langkah ini mem-paste hasil screenshot anda.

Buka Paint, klik tombol paste yang terletak di sudut kiri atas. Anda juga dapat menekan tombol Ctrl dan V di keyboard.

Dengan hasil screenshot yang dipaste ke dalam Paint, Anda dapat memotong, melukis, membuat bentuk, menambahkan teks, dan lainnya. Jika Anda ingin menambahkan stiker, bentuk 3D, efek, dan lainnya, klik tombol Edit berwarna-warni dengan Paint 3D yang terletak di ujung kanan bilah alat.

Step 4: Simpan hasil screenshot

simpan hasil screenshoot

Metode ini berlaku untuk semua metode pengambilan screenshot.

Ketika Anda selesai mengedit gambar, klik opsi File di sudut kiri atas. Selanjutnya, pilih Save as.selanjutnya anda bisa memilih empat format file – PNG, JPEG, BMP, dan GIF – untuk format lain nya anda bisa menguunakan TIFF atau HEIC.

Apa pun format yang Anda pilih, new popup window akan muncul. Masukkan nama file dan pilih format file yang Anda inginkan dari menu drop-down. Anda juga dapat memilih tujuan folder tertentu jika Anda tidak ingin menyimpan tangkapan layar di lokasi default.

Saat semua sudah dirasa cukup, klik tombol Save di sudut kanan bawah.

Dan Kamu sudah selesai.

Tools Alternative Screenshot

1. Snipping Tool

Alternatif terbaik cara screenshot di komputer adalah menggunakan Snipping tools.

Alternatif terbaik cara screenshot di komputer adalah menggunakan Snipping tools. Tools bawaan windows ini bisa dibilang praktis, tetapi ini bukan yang paling kuat atau serbaguna dalam hal menyimpan snapshot.ini adalah tools yang memungkinkan pengguna untuk lebih menentukan bagian mana dari layar yang ingin diambil screenshot nya.

Untuk memulai, cukup ketikkan Snipping Tool ke dalam kolom pencarian di atas start menu, dan pilih snipping tool. Dengan Snipping Tool keadaan terbuka, klik tombol Mode untuk membuka menu. Anda akan menemukan empat opsi pengambilan screenshot (Free-form Snip) bentuk bebas, (Rectangular Snip) bentuk kotak, (Window snip)Mengambil screenshot dari salah satu window program, dan terakhir tangkap seluruh layar (Ful-screen Snip).

Perhatikan bahwa jika Anda menggunakan mode Free-form Snip dan Rectangular Snip, layar menjadi putih. Setelah Anda mulai memilih ruang tangkapan layar, warna putih dimulai dalam area itu, dan anda tentukan sendiri mana batas-batasyang ingin anda ambil screenshot nya.

Snipping Tool juga menyertakan fitur penundaan. Anda Bisa menunggu antara satu hingga lima detik sebelum mengambil tangkapan layar sehingga Anda dapat menangkap momen yang tepat dalam video atau animasi. Anda kemudian dapat mengambil bidikan berulang dalam mode yang sama hanya dengan menekan tombol Alt dan N.

Setelah Anda menangkap screenshoot, anda dapat melakukan pengeditan ringan seperti menggunakan pena, stabilo, dan penghapus. Anda juga dapat mengklik tombol Paint 3D berwarna-warni untuk melakukan pengeditan tambahan.

Ketika Anda selesai mengedit dalam Alat Snipping, klik File di sudut kiri atas dan kemudian klik opsi Save as.

2. Snip & Sketch

Snip & Sketch adalah tool dari Microsoft versi lanjutan dari snipping tool. Anda dapat mengakses alat ini dari Start Menu atau dengan mengetikkan Win + Shift + S pada keyboard Anda.

Jika Anda menggunakan pintasan keyboard, layar menjadi gelap dan merender toolbar lima tombol di bagian atas. Anda memiliki fungsi yang sama dengan yang ditemukan di Snipping Tool, tetapi itu tidak menyimpan tangkapan layar Anda sebagai file. tapi gambar langsung menuju clipboard Anda.

Jika Anda membuka aplikasi Snip & Sket, klik Baru di sudut kiri atas dan pilih Snip sekarang di menu drop-down. Layar menjadi gelap dan bilah alat lima tombol muncul. Dalam hal ini, tangkapan layar dimuat dalam aplikasi, memungkinkan Anda untuk memotong gambar, menerapkan spidol, pensil, stabilo, dan penghapus.

Saat Anda siap, simpan gambar di mana saja di PC Anda dengan mengeklik tombol disk-style. Jika Anda ingin mengedit dan menyimpan tangkapan layar menggunakan editor gambar , klik ikon tiga titik pada bilah alat dan pilih opsi Buka Dengan pada menu dropdown.

3. Aplikasi Pihak Ketika (Lightshot)

Jika Anda menginginkan lebih banyak opsi untuk memilih dan menyesuaikan screenshot anda (dan tidak keberatan mengunduh aplikasi baru), kami sarankan untuk mencoba LightShot

Jika Anda menginginkan cara yang menampilkan lebih banyak opsi untuk memilih dan menyesuaikan screenshot di komputer (dan tidak keberatan mengunduh aplikasi baru), kami sarankan untuk mencoba LightShot. LightShot mungkin merupakan opsi yang lebih baik untuk pekerjaan yang lebih profesional atau tangkapan layar yang membutuhkan pengeditan yang signifikan.

Ini adalah alat open-source yang gratis. Ini menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk membuat karya seni, mengedit gambar definisi tinggi, dan banyak lagi.

Likes:
0 0
Views:
168
Article Categories:
Dasar Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *