DASAR DESAIN GRAFIS

Desain Grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar.

DASAR DESAIN GRAFIS

Dasar Desain Grafis adalah hal yang penting diketahui oleh seorang designer, Desain Grafis sendiri dapat diartikan sebagai seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar.

Ilmu dasar desain grafis mencangkup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

>Desain Grafis Komputer

Adalah upaya untuk mengalihkan gagasan kepada orang lain dalam wujud gambar yang dibuat menggunakan bantuan teknologi komputer.

Batasan Media: Desain Grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku,majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan xaman, desain grafis uga diterapkan dalam media elektrobik, yang seing kali diseut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Batas dimensipun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain Grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencangkup pengolahan ruang.

*Fungsi Desain Grafis

  • Produksi media informasi dan komunikasi
  • Produksi media promosi
  • Apresiasi seni dan kreativitas
  • Pekerjaan hobby
  • Menambahkan nilai estetika

*Unsur Desain Grafis

1.Garis (Line)

Garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lainnya. Garis bisa diartikan sebagai goresan pensil, pena, atau mouse dalam komputer. Garis elemen satu dimensi. Contoh penggunaan garis: garis vertikal, garis horizontal, dan garis zigzag.

Garis dapat digunakan:

  • Penekanan kata
  • Membuat kotak
  • Mengatur informasi

Dalam penggunaannya, sebuah garis perlu diperhitungkan secara cermat, sehingga tidak terkesan asal-asalan dan di paksakan.

2. Bentuk (Shape)

Bentuk adalah segala bentuk apapun yang memiliki dimensi tinggi dan lebar, bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris seperti (lingkaran, segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran) dan bentuk-bentuk tidak beraturan. Bidang geometris memiliki kesan yang formal, sedangkan bidang non geometris memiliki kesan yang lebih dinamis dan tidak formal.

3. Gambar atau Ilustrasi

Gamabr atau Ilustrasi adalah unsur grafis yang sangat vital dan dapat disajikan mulai dari goresan atau titik sederhana sampai dengan kompleks. Ilustrasi dapat berupa gambar, foto maupun grafis lainnya.

Ilustrasi berfungsi s.b:

  • Menarik perhatian
  • Menciptakan suasana khas
  • Memenangkan persaingan

Ilustrasi dapat dihasilkan melalui beberapa teknik:

a. Gambar Tangan (Hand Drawing)

Adalah ilustrasi gambar tangan dibuat secara keseluruhan menggunakan tangan, dengan memberikan ekspresi dan karakter tertentu untuk mendukung media komunikasi grafis yang dibuat seperti iklan, poster, dan baliho.

b. Fotografi

Adalah ilustrasi berupa foto dihasilkan dengan teknik fotografi menggunakan kamera baik manual maupun digital. Foto yang dihasilkan dengan kamera digital memungkinkan adanya pengobatan lebih lanjut.

4. Warna (Colour)

Adalah elemen dari unsur desain grafis yang menjadi penarik perhatian paling utama. Penggunaan warna yang tepat akan berbanding lurus dengan kualitas, citra, keterbacaan, dan penyampaian pesan dalam desain tersebut.

5. Tekstur

Adalah nilai halus dan kasarnya sebuah benda atau nilai raba. Dalam sebuah desain komunikasi visual tekstur sering digunakan untuk mengatur keseimbangan dan kontras. Penggunaan tekstur dalam desain grafis juga sering diaplikasikan pada latar desain atau background desain.

Tekstur dapat digunakan untuk:

  • Memprovokasi emosi
  • Bermain main mata
  • Kontras untuk membuat bunga
  • Membuat rasa kekayaan dan mendalam

6. Cahaya atau Gelap Terang

Ada 2 pembagian cahaya yaitu:

a. Low Contrast Value: penggunaan warna-warna yang kurang kontras. Visual yang dihasilkan cenderung kalem, statis, sederhana, dan terang.

b. High Contrast Value: Penggunaan warna-warna kontras dengan ekstrim, sehingga menghasilkan visual enerjik, ceria, dinamis, dramatis, dan penuh gairah.

Berdasarkan nilai dalam gelap dan terangnya, warna dibagi menjadi beberapa tingkatan. Paling terang adalah warna putih, sedangkan warna tergelap warna hitam.

7. Tipografi

Adalah seni dalam merancang, menyusun dan memodifikasi huruf. Tipografi melibatkan beberapa pengaturan pada huruf seperti ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antara huruf secara umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).

8. Tata Letak atau Ruang atau Space

Adalah seni dalam menyusun elemen (konten) yang ada pada sebuah halaman seperti penempatan gambar dan teks. Ketrampilan ini umumnya digunakan dalam media cetak seperti majalah, buku, koran, dan tabloit.

Ruang dapat digunakan untuk:

  • Sorot salah satu elemen
  • Membuat tipe dibaca mungkin
  • Memberikan mata visual istirahat

Baca Juga Identifikasi Jenis jenis software

Aliagame Jasa Isi Game PC Lengkap Blitar

Likes:
0 0
Views:
43
Article Tags:
Article Categories:
Dasar Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *