PENGENALAN DAN MANAJEMEN JARINGAN KOMPUTER

Pengenalan Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah komputer,printer atau peralatan yang saling terhubung sehingga memungkinkan antar pengguna komputer bisa saling bertukar data atau informasi dan bersama-sama menggunakan peralatan komputer.

Keuntungan dan Kelebihan Jaringan Komputer

  1. Keuntungan utama adalah resource sharing atau kemampuan berbagi sumber daya yang terdapat dan terhubung
  2. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas para pengguna komputer
  3. Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation
  4. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan
  5. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
  1. Dimungkinkan dilakukan pemusatan data untuk meningkatkan faktor keamanan data
  2. Dimungkinkan terjadinya pengontrolan terhadap penggunaan perangkat komputer yang terdapat dalam jaringan tersebut
  3. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server
  4. Biaya operasional relatif lebih mahal
  5. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki

Tipe Jaringan Komputer

  • Jaringan Peer to Peer

Adalah bentuk konektivitas jaringan yang setiap terminal memiliki peras dan derajat yang sama. Contoh: NOS peet to peet,Ms windows for work group.

Jaringan Peer to peer Adalah bentuk konektivitas jaringan yang setiap terminal memiliki peras dan derajat yang sama. Contoh: NOS peet to peet,Ms windows for work group.
  • Jaringan file server

Adalah jaringan komputer yang terdapat terminal khusus yang disebut dengan ‘server’ yang memiliki kapasitas harddisk yang sangat besar. Contoh: Novel Network,IBM LAN Server,Unix Network File Sistem(NFS).

  • Jaringan client-server

Adalah jaringan komputer yang merupakan pengembang dari jaringan dile server. Contoh: Sistem operasi jaringan client-server adalah Unix,windows NT.

Jaringan client server  Adalah jaringan komputer yang merupakan pengembang dari jaringan dile server. Contoh: Sistem operasi jaringan client-server adalah Unix,windows NT.

Perbandingan Jaringan Peer to peer dengan Client-Server

PEER TO PEER CLIENT-SERVER
>Koneksi lambat>Koneksi cepat
>Tidak mahal>Mahal
>Mudah diinstal>Perlu instalasi khusus
>Keamanan data kurang terjamin>Keamanan terjamin
>Dapat berfungsi sebagai workstation atau client(non-decilated server)>Server hanya berfungsi sebagai server(penyedia dan pengatur jaringan)

Jenis Jaringan Komputer

  • LAN (Local Area Network)

Adalah jaringan komputer yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran disebuah gedung atau disekolah dan biasanya jaraknya kurang dari 1 Km.

LAN Adalah jaringan komputer yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran disebuah gedung atau disekolah dan biasanya jaraknya kurang dari 1 Km.
  • WAN (Wide Area Network)

Adalah jaringan yang pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar yang lingkupnya masih dalam satu area atau distrik.

WAN Adalah jaringan yang pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar yang lingkupnya masih dalam satu area atau distrik.
  • MAN (Metropolitan Area Network)

Pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dengan batas lingkup diluar area atau ditrik. MAN dapat mencangkup kantor-kantor perusahaan yang terletak antar kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi(swasta) atau umum.

MAN Pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dengan batas lingkup diluar area atau ditrik. MAN dapat mencangkup kantor-kantor perusahaan yang terletak antar kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi(swasta) atau umum.
  • Internet

Adalah sebuah sistem jaringan yang terhubung secara global menggunakan TCP atau IP untuk mengirimkan data melalui berbagai jenis media.

Internet adalah Adalah sebuah sistem jaringan yang terhubung secara global menggunakan TCP atau IP untuk mengirimkan data melalui berbagai jenis media.

Topologi Jaringan Komputer

Adalah denah atau layout bagaimana berbagai peralatan jaringan termasuk komputer dihubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lain.

  • Topologi Bus

Adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan workstation lain.

Topologi Bus Adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan workstation lain.

>Keuntungan dan kerugian Topologi Bus

  1. Hemat kabel
  2. Layout kabel sederhana
  3. Mudah dikembangkan
  1. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
  2. Kepadatan lalu lintas
  3. Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi
  4. Diperlukan repeater(untuk menerima) untuk jarak jauh
  • Topologi Ring(cincin)

Adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.

Topologi Ring Adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.

>Keuntungan dan Kerugian Topologi Ring(cincin)

  1. Menghindari tabrakan data pada saat proses pengiriman (collision) karena hanya satu node yang dapat dikirimkan dalam satu waktu
  2. Topologi ring juga dinilai lebih hemat kabel
  3. Biaya installasi topologi ring cenderung lebih murah
  4. Mudah dalam hal perancangan dan pengimplementasiannya
  1. Memiliki konfigurasi yang lebih sulit dibandingkan topologi star serta memerlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandles
  2. Jika ingin mengembangkan jaringan, maka proses terkesan kaku. Ini karena pemindahan, penambahan dan pengubahan perangkat akan mempengaruhi semua jaringan
  3. Kinerja komunikasi dalam jaringan topologi ring sangat bergantung dengan jumlah titik atau node yang terdapat dalam jaringan. Semakin banyak titik tentu akan semakin lama proses pengiriman datanya
  • Topologi Star (bintang)

Adalah topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Masing- masing workstation di hubungkan secara langsung ke Server atau Hub/Swich. Intinya topologi ini mengunakan Hub/Switch untuk menghubungkan dari komputer satu ke komputer yang lain.

Topologi star Adalah topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Masing- masing workstation di hubungkan secara langsung ke Server atau Hub/Swich. Intinya topologi ini mengunakan Hub/Switch untuk menghubungkan dari komputer satu ke komputer yang lain.

>Kelebihan dan kerugian Topologi star (bintang)

  1. Sangat ringan dalam maintanance
  2. Tingkat keamanan jaringan tinggi
  3. Kemudahan operasi jaringan
  4. Dapat dipakai pada banyak komputer server dan client
  1. Hub atau switch perlu perawatan
  2. Biaya membangun jaringan lebih tinggi
  3. Banyak kabel yang dibutuhkan
  4. Lalu lintas padat bisa menurunkan kecepatan transfer data

Sejarah Jaringan Komputer

Likes:
0 0
Views:
42
Article Categories:
Dasar Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *