PERALATAN JARINGAN KOMPUTER

Peralatan Jaringan komputer yang digunakan antara lain :

  • Komputer
  • NIC (Network Interface Card)
  • Pengkabelan
  • Concentrator/Hub
  • Sistem operasi

KOMPUTER

Spesifikasi minimal komputer untuk server jaringan adalah sebagai berikut:

  • Processor berkecepatan minimal 450 MHz atau lebih cepat lagi
  • Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar minimal 10GB
  • Memori minimal 64MB

Spesifikasi minimal komputer untuk client atau workstation adalah sebagai berikut:

  • Processor berkkecepatan minimal 166MHz atau lebih cepat lagi
  • Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar minimal 1GB
  • Memori minmal 32GB

NIC (Network Interface Card)

NIC adalah perangkat elektronik komputer yang digunakan untuk menghubungkan antara satu PC ke PC yang lain dalam jaringan komputer. Selain NIC nya kita juga harus mempunyai CD Atau Disket Driver dari NIC atau Ethernet Card tersebut.

NIC atau Ethernet Card dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • Card : dalam bentuk kartu(Plug dan Play)
  • On Board : jadi satu dengan motherboard

PENGKABELAN

Beberapa tipe pengkabelan yang sering dipergunakan antara lain :

1.Coaxial atau BNC(Banyan Network Cable) :

kabel coaxial atan BNC ini memiliki keunggulan dalam hal biaya yang relatif murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan lain, serta pemasangan komponennya lebih mudah

Tipe pengkabelan Coaxial atan BNC ini memiliki keunggulan dalam hal biaya yang relatif murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan lain, serta pemasangan komponennya lebih mudah. Panjang kabel coaxial atau BNC antara 0.5- 185 m dan maksimum 30 komputer terhubung. Tipe pengkabelan ini menggunakan konektor RG-58 dan membutuhkan T conector, T conector dan End Terminator.

2.UTP(Unshielded Twisted Pair)

kabel UTP  dibagi menjadi 2 jenis yaitu Shielded dan Unshielded. Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan Unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus

Kabel UTP dibagi menjadi 2 jenis yaitu Shielded dan Unshielded. Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan Unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45.

Beberapa tipe pengkabelan UTP yang sering digunakan yaitu UTP Stright Cable dan UTP Cross Cable.

UTP Stright Cable digunakan untuk menghubungkan satu PC dengan PC yang lain dengan menggunakan concentrator atau HUB. Pengkabelan tipe Stright Cable adalah tipe pengkabelan anatara yang ujung kabel yang satu dengan yang satunya adalam sama urutannya.

Urutan kabel UTP stright digunakan untuk menghubungkan satu PC dengan PC yang lain dengan menggunakan concentrator atau HUB

UTP Crossover Cable digunakan untuk menghubungkan 2 buah PC tanpa menggunakan concentrator atau HUB. Pengkabelan tipe Crossover adalah tipe pengkabelan antara kabel yang satu dengan yang satunya adalah tidak sama urutannya karena ada beberapa kabel yang harus di Crossover.

urutan kabel Crossover digunakan untuk menghubungkan 2 buah PC tanpa menggunakan concentrator atau HUB.

Crimping tool adalah peralatan yang digunakan untuk meng crimping RJ-45/RJ-11 tergantung kebutuhan. Fungsi crimping tool di antaranya : -Digunakan untuk memotong kabel, -Digunakan untuk mengelupas kabel, -Digunakan untuk meng crimping RJ-45 denagn kabel UTP.

crimping tool adalah peralatan yang digunakan untuk meng crimping RJ-45/RJ-11 tergantung kebutuhan

3.Kabel Fiber Optic

kabel fiber optic  Adalah salah satu jenis media tranfer data yang tinggi dan cepat dalam jaringan komputer yng mampu menggunakan tranmisi-tranmisi modulasi. Kabel fibe optic banyak di implementasika guna menghubungkan 2 point network besar seperti pada perbankan atau perkantoran.

Adalah salah satu jenis media tranfer data yang tinggi dan cepat dalam jaringan komputer yng mampu menggunakan tranmisi-tranmisi modulasi. Kabel fibe optic banyak di implementasika guna menghubungkan 2 point network besar seperti pada perbankan atau perkantoran. Pengkabelan fiber optic ini membutuhkan NIC atau Enthernet Card yang menyediakan ST conector.

CONCENTRATOR atau HUB

Berfungsi sebagai pusat konsentrasi dari kabel-kabel jaringan. Selain itu concentrator yang berfungsi untuk mengatur dan mengontrol aliran komunikasi data pada jaringan komputer.

SISTEM OPERASI

Sistem operasi yang bisa digunakan dalam jaringan ada bermacam-macam sistem operasi dengan fasilitas keamanan dan kemudahan instalasi yang berbeda-beda.

Beberapa contoh sistem operasi untuk sever antara lain : Novell Netware, Ms.Windows NT4, Ms. Advanced Server 2000, Ms. Server 2003, Linux dll.

Beberpa contoh sistem operasi untuk workstation atau client antara lain : Windows 3.11, Windows 95, Windows 98, Windows NT Workstation, Windows 2000, Windows XP, Linux dll.

Baca juga Pengenalan Dan Manajemen Jaringan Komputer

Isi game laptopmu disini

Likes:
0 0
Views:
25
Article Tags:
Article Categories:
Dasar KomputerJaringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *