GRAFIS BERBASIS VEKTOR DAN BERBASIS BITMAP

Pengenalan Grafis Berbasis Vektor Dan Berbasis Bitmap

GRAFIS adalah salah satu bentuk seni lukis(gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer(perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis diatas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah bentuk pesan.

Pengenalan Grafis Berbasis Vektor Dan Berbasis Bitmap

A. BITMAP

Grafis Bitmap adalah gambar gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Sumber gambar yang muncul terdiri dari titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Bitmap adalah kategori grafik kaya warna dan tersusun dari pixel-pixel yang kita sebut sebagai resolusi. Bitmp sudah mendukung 32 buts coours.

Gambar bitmap jika di zoom atau diperbear, makan gambarnya akan pecah. Bitmap sangat tergantung dengan besaran resolusi, semakin besar resolusi suatu gambar maka semakin baik kualitas dan ukuran file nya. Contoh software berbasis bitmap: Adobe Photoshop, Paint, CorelPhotoPaint, Microsoft Photo Editor, dan Micromedia Fireworks. Semua program tersebut menawarkan kemudahan dan kelengkapan fiturnya.

Layar monitor berfungsi sebagai sumbu oordinat X dan Y. Desain di bagi menjadi 2 kelompok : yakni Bitmap dan vektor. Grafis desain bitmap dibentuk dengan raster/pixel/dot/point koodinat. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas file besar.

Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap adalah dpi(dot per inch) yang berarti banyaknya titik dalam satu inch. Grafis bitmap dapat kita temui di file komputer yang berektensi : BMP, JPG, TIF, GIF, dan PCX. Grafis ini digunakan untuk kepentingan foto-foto digital.

Extensi Format File Bitmap :

a.GIF (Graphic Interchange Format) format ini hanya mampu menyimpan dalam 8 bit(hanya mendukung mode warna grayscale atau abu-abu).

b. TIFF (Tagged Image Format File) mampu minyam hingga 32 bit. Salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi(cetak).

c. PNG (Portabel Network Graphic) alternatif lain dari format GIF. Digunakan untuk menamoilkan objek dalam halaman web.

d. PDF (Portabel Document Format) digunakan oleh Adibe Acrobat, dan dapat digunakan oleh grafik berbasis pixel maupun vektor.

B. VEKTOR

Selain grafis jenis bitmap, ada grafis jenis vektor yang merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital).Vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Gambar vektor apabila di zoom atau diperbesar, maka terlihat jelas tidak akan pecah.

Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam- macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar, dan polygon. Dengan demikian, pemakaian garis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosesor akan memakan banyak memori.

Program aolikasi grafis berbasis vektor : CorelDraw, Macromedia Free hand, Adobe Ilustrator dan Microgrofx Designer.

Perbedaan Vektor dan Bitmap :

VEKTOR BITMAP
Gambar tetap jelas ketika di perbesar Gambar kurang jelas ketika di perbesar
Tersusu oleh garis dan kurva Tersusun atas titik-titik atau dot
Ukuran file yang dihasilkan kecil Ukuran file yang dihasilkan besar
Kualitas grafik tidak bergantung dari banaknya pixel Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel

Kelebihan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap :

VEKTOR BITMAP
Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisiensi Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan
Objek gambar vektor dapat di ubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya Dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari objek gambar vektor dengan vara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat di tentukan
Dapat dicetak pada resolusi tertinggi printer  
Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif mudah dan menyenangkan  

Kekurangan Grafis Vektor Dan Grafis Bitmap :

VEKTOR BITMAP
Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap Objek gambar tersebut memiliki mpermasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar
  Efek yang didapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah

Mengetahui Aplikasi Untuk Membuat Grafis Vektor dan Bitmap :

Aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap seperti : Page Maker, Corel Photo Paint, CorelDraw, Adobe Photoshop dll.

Corel Draw (pembuatan desain grafis dan editing vektor) dilengkapi dengan full color management system dan interactive tools yang memudahkan dalam pembuatan dan editing suatu objek.

Adobe Photoshop adalah untuk mengedit sebuah gambar (image) menjadi gambar yang lebih menarik, serta bisa menyunting foto dan gambar-gambar yang telah di-scan ke dalam komputer.

Atribut-Atribut Pada Citra Grafis Komputer :

Meliputi dari warna. resolusi, dan tipe file.

a. warna grafik

  • Wrna hitam putih saja (BW = Black White atau grayscale(abu-abu))
  • Mode RGB (Red, Green, Blue), mode RGB bagus digunakan untuk visualisasi dimonitor komputer
  • Mode CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black), sedangkan mode CMYK digunakan untuk percetakan dengan separasi warna.

b. resolusi grafik

Resolusi merupakan jumlah pixel yang dimiliki suatu citra.

  • Pixel merupakan ciri suatu citra bitmap sehingga resolusi dapat menjelaskan kualitas suatu citra bitmap
  • Makin tinggi resolusi suatu citra, makin tinggi kualitasnya, yang berarti makin luas gambarnya
  • Resolusi dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah pixel seperti misalnya 800 x 600 atau 1024 x 768
  • Resolusi dapat juga dinyatakan dalam satuan dpi (Dot Per Inch) atau ppi (Pixel Per Inch)

c. Definisi Website

Website adalah kumpulan halaman-halaman yang berisi informasi yang disimpan di internet yang bisa diakses atau dilihat melalui jaringan internet pada perangkat-perangkat yang bisa mengakses internet itu sendiri seperti komputer, HP, dll.

Baca juga Fungsi Warna Dan Peranannya Dalam Desain Grafis

Likes:
0 0
Views:
43
Article Categories:
Dasar Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *