Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer adalah komunikasi antara 2 komputer atau lebih untuk saling bertukar data dengan tujuan tertentu.Komputer pemberi data disebut server dan komputer penerima data disebut client.

Untuk membuat jaringan komputer dari 2 buah komputer saja, kita bisa menggunakan kabel yang langsung ditancapkan di masing-masing port LAN


Untuk membuat jaringan dari 2 buah komputer saja, kita bisa menggunakan kabel yang langsung ditancapkan di masing-masing port LAN, tetapi jika ingin membuat jaringan yang lebih banyak, kita membutuhkan Switchhub atau Router multiport untuk menghubungkannya.

Untuk  membuat jaringan yang lebih banyak, kita membutuhkan Switchhub atau Router multiport  untuk menghubungkannya

Sejarah

Sejarah Jaringan Komputer dimulai bersamaan dengen ditemukan nya Komputer Generasi Pertama (1941). Baca dahulu Sejarah Komputer. Berawal dari keinginan professor dari Universitas Havard, Howard Aiken, yang ingin menjalankan banyak proses sekali waktu untuk mengehmat waktu.

Dan akhirnya di era Komputer Generasi Kedua (1955-an) ditemukanlah bentuk jaringan pertama yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System)

Dan akhirnya di era Komputer Generasi Kedua (1955-an) ditemukanlah bentuk jaringan pertama yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).

Cara Kerja TSS

Gambaran mudah TSS adalah praktek menumbuk padi di 1 lumbung yang dilakukan oleh banyak orang, seseorang mendapat giliran nya ketika sebelahnya (urutan sebelumnya) sudah selesai tugasnya.

Lembaga Amerika serikat, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) juga membuat riset jaringan, program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. ARPANET menggunakan konsep jaringan baru yang disebut (Distributed Processing). Distributed Processing menggunakan beberapa Host yang masing-masing host terhubung dengan terminal terminal yang harus dilayani. Di masa inilah perpaduan antara teknologi komputer dan telekomuikasi terjadi.

ARPANET menggunakan konsep jaringan baru yang disebut (Distributed Processing)


Tahun 1972 adalah tahun bersejarah ditemukannya email oleh Roy Tomlinson dan di tahun 1973 menetapkan “@” sebagai ikon nya. Di tahun yang sama dua ilmuan komputer Vinton Cerf dan Bob Kahn mempunyai gagasan baru, yaitu tidak hanya menghubungkan komputer secara lokal tapi menghubungkan komputer antarnegara atau International yang disebeut International Network atau disingkat Internet. Sehingga sampai saat ini Vinton Cerf dikenal sebagai bapak pendiri Internet

Tahun 1972 adalah tahun bersejarah ditemukannya email oleh Roy Tomlinson
Roy Tomlinson
Vinton Cerf dan Bob Kahn penemu  International Network atau biasa disebut Internet


Di tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovi menciptakan program diskusi dunia maya Newsgroups yang lalu diberi nama USENET (User Network). Dan dua tahun setelahnya France Telecom telepon televisi pertama.
Karena jumlah komputer yang tersambung dengan jaringan semakin bertambah banyak di tahun 1984 diperkenalkan Domain Name Sistem atau DNS untuk menyeragamkan alamat jaringan.


Di tahun 1988 ditemukan program chating pertama yaitu IRC (Internet Relay Chat). Akibat dari IRC membuat komputer yang terhubung ke jaringan melonjak tajam, dan akhirnya di tahun 1990 ditemukanlah World Wide Web atau Waring Wera Wanua (www) yang memungkinkan penjelajahan komputer lain dalam suatu jaringan.

Di tahun 1988 ditemukan program chating pertama yaitu IRC (Internet Relay Chat)
Tampilan IRC

Arikel ini dirangkum dari Wikipedia

Likes:
0 0
Views:
46
Article Categories:
Jaringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *