Klasifikasi Jaringan Komputer

Klasifikasi Jaringan Komputer dibagi menjadi 4 hal,yaitu berdasarkan skala geografis, fungsi, topologi, dan media transmisi data. Berikut penjelasan tentang klasifikasi tersebut.

Klasifikasi jaringan komputer berdasarkan skala geografis

Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar komputer dan berbagai perangkat teknologi lainnya yang digunakan oleh 1 orang. Teknologi jaringan nirkabel PAN yang paling terkenal adalah Bluetooth, dan PAN berkabel yang paling populer adalah USB. headset wifi, printer, atau HP Anda sebagai komponen dalam PAN juga.

Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar komputer dan berbagai perangkat teknologi lainnya
Contoh Personal Area Network

Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di area terbatas seperti rumah, sekolah, gedung kantor, toko atau bangunan yang posisinya dekat dan masih terjangkau kabel atau wifi. Contoh Jaringan LAN adalah Jaringan Lab Komputer Kelas, Jaringan Komputer Warnet, jaringan Kasir Toko, Jaringan Wifi di Telkom, dll.

Home Area Network (HAN)

Home Area Network (HAN) adalah jenis jaringan komputer yang memfasilitasi komunikasi antar perangkat di sekitar rumah. misalnya printer jaringan HP, TV kabel, dll.

Storage Area Network (SAN)

Storage Area Network (SAN) adalah jaringan komputer yang menyediakan akses ke penyimpanan data yang terkonsolidasi. SAN digunakan untuk mengakses perangkat penyimpanan, seperti disk array (perangkat yang berisi beberapa hardisk) sehingga perangkat muncul ke OS sebagai perangkat yang terpasang secara lokal.

Campus Area Network (CAN)

Campus Area Network disebut juga Corporate Area Network adalah jaringan komputer yang terdiri dari interkoneksi Lokal Area Network (LAN) dalam area geografis campus atau perusahaan..

Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang terdiri dari interkoneksi Lokal Area Network (LAN) dalam suatu metropolitan.

Wide Area Network (WAN)

Wide area network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis yang luas seperti kota, negara, atau bahkan jarak antarbenua.

Klasifikasi jaringan komputer berdasarkan fungsinya

Jaringan Server-Client

Jaringan Server-Client adalah Jaringan antara 2 Komputer atau beberapa kompuer, dimana 1 komputer berfungsi sebgai server, yang memberi semua data ke komputer lainnya yang berperan sebagai client.

Jaringan Peer to Peer

jaringan Peer to peer adalah jaringan antara 2 komputer atau lebih yang fungsinya sejajar, setiap komputer dapat membagikan data secara langsung tanpa perlu server pusat. Dengan kata lain, setiap komputer di jaringan P2P menjadi server file dan juga klien.

Klasifikasi jaringan komputer berdasarkan topologinya

Topologi bus
Topologi bintang (Topologi Star)
Topologi cincin (Topologi Ring)
Topologi mesh
Topologi pohon (Topologi Tree)
Topologi linier

Klasifikasi jaringan komputer berdasarkan topologinya

Klasifikasi jaringan komputer berdasarkan media transmisi data

Jaringan Berkabel (Wired-Network)

Adalah jaringan antarkomputer yang menggunakan kabel sebagai media koneksinya.

Jaringan Nirkabel (Wireless-Network)

Seperti namanya jaringan nirkabel adalah jaringan komputer tanpa menggunakan kabel, yakni melalui Wi-Fi

Sumber https://en.wikiversity.org/wiki/Network_Classifications
Baca Juga Pengertian Jaringan Komputer

Likes:
0 0
Views:
125
Article Categories:
Jaringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *