Membuat Flashdisk Installer Windows

Flashdisk Installer Windows

Alia1- Instalasi windows menggunakan flashdisk adalah pilihan bagi para teknisi saat ini,karena lebih prakis. Jadi membuat flashdisk installer windows adalah hal yang hampir dilakukan seminggu sekali.
Umumnya teknisi yang hobi oprek komputer akan terus menenrus instal windows setiap minggunya dan mencoba versi windows yang terbaru untuk melihat seberapa besar peningkatan performa windows release terbaru dibandingkan dengan windows versi sebelumnya, pengetesan biasanya dilakukan dalam game (dilakukan pengecekan FPS game), atau kestabailan software lainnya.

Untuk membuat flashdisk installer windows sebenarnya sangat banyak caranya, baik menggunakan software ataupun tidak (menggunakan CMD)

Disini saya akan contohkan membuat file installer windows menggunakan software RUFUS karena paling simpel dan mudah dipergunakan bagi kita yang masih pemula tau belum pernah membuat flashdisk intaller windows sama sekali, dan rufus selalu melakukan update terbaru hampir tiap minggunya.
Anda bisa mendownload rufus di website resminya atau bisa download hasil upload an saya di link di bawah ini, rufus yang saya upload di bawah adalah versi 3.8 yang saya download di website resminya pada tanggal 28 september 2019.

Selanjutnya bahan utama yg dibuhkan anda harus memiliki master windows terlebih dahulu, untuk windows yang original anda bisa membelinya di microsoft.com dan anda akan diberikan link untuk download file iso nya.

  • Setekah semua bahan siap, anda harus persiapkan flashdisk yang minimal kapasitasnya 8 GB, karena file windows yang original rata-rata kapasitasnya adalah 4,5GB. tapi khusus untuk sesi ini anda bisa menggunakan flashdisk 4GB karena file windows yang saya upload diatas berkapasitas 3,5GB. Pastikan flashdisk tertancap dengan benar dan langsung double klik rufus-3.8.
tancapkan flashdisk
  • Klik “Select”cari lokasi folder master windows 7 hasil download tadi, lalu klik open.
cari lokasi file ISO windows
  • Untuk Windows 7 “Partition Scheme” pilih MBR, GPT digunakan untuk instalasi windows 10 mode UEFI, mungkin dilain kesempatan akan saya bahas kapan penggunaan GPT, dan apa itu UEFI/Legacy.
pilih partition scheme MBR
  • Klik “Start” akan muncul waning :ALL DATA ON DEVICE WILL BE DESTROYED dan pilih OK
    tunggu sampai proses selesai dan flashdisk siap digunakan untuk instal windows.
waning :ALL DATA ON DEVICE WILL BE DESTROYED

Adik-adik TKJ selamat mencoba jika ada pertanyaan silahkan tulis komentar kalian dbawah.
Salam,

Baca Juga Cara Membuat DVD installer Windows

Likes:
0 0
Views:
75
Article Categories:
Windows

All Comments

  • Thanks. Ini yang saya cari

    Dafi October 22, 2019 4:43 am Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *